Tulisan yang ada di blog saya ini adalah tugas-tugas kuliah saya semata. Bagi-bagi aja, siapa tau tugasnya sama....hemmm.

Selasa, 11 Januari 2011

Ushul Fiqh (sifat-sifat huruf)

SIFAT-SIFAT HURUF
Adapun sifat-sifat suara dalam bahasa arab ada 13 macam:
1.      Jahar dan hamas. Yang dimaksud dengan jahar adalah kuatnya penekanan suara dari tempat keluarnya tanpa disertai dengan keluarnya nafas. Dan yang dimaksud dengan hamas adalah antonim dari jahar, yaitu lemahnya penekanan suara dari tempat keluarnya dan disertai dengan nafas. Adapun suara-suara yang berbentuk hamas terkumpul menjadi 10; (فحشه شخص سكت). Dan suara-suara yang berbentuk jahar selain dari huruf-huruf hamas yaitu 19 suara.
2.      Asysyiddah, arrakhawah dan tawassuth baina huma. Yang dimaksud dengan syiddah menahan suara dengan sempurna dalam keadaan berharakat sukun. Dan rakhawah adalah sempurna keluarnya huruf saat berharakat sukun (tidak tertahan), adapun tawassuth adalah pertengahan antara menahan dan melepas. Huruf syiddah ada 8 yaitu ( أجدك قطبت ).
3.      Dari delapan huruf ini terdapat 5 huruf yang disebut huruf qalqalah jika dalam keadaan berharakat sukun, yaitu (قطبجد ). Huruf-huruf tawassuth juga ada 8 yaitu ( لم يروعنا). Adapun huruf-huruf rakhawah adalah selain dari huruf-huruf rakhawah dan tawassuth.
4.      Ithbaq dan infitah. Ithbaq adalah keluarnya huruf antara lidah dan kelilingnya dengan langit-langit, atau secara jelas adalah melengkungnya lidah pada langit-langit, dan infitah kebalikan dari ithbaq. Huruf-huruf ithbaq ada 4 yaitu shad, dhad, tha dan zha. Dan huruf-huruf infitah selain dari huruf-huruf tersebut.
5.      Isti’la dan inkhifadh atau istifal. Yang dimaksud dengan isti’la adalah membunyikan dengan mengangkat pangkal lidah ke langit-langit, dan inkhifadh atau istifal adalah kebalikannya. Huruf-huruf isti’la yaitu huruf-huruf ithbaq, ‘ain dan qaf, dan huruf-huruf inkhifadh selain dari huruf-huruf tersebut.
6.      Adz-dzilaqah dan ash-shamt atau al-ishmat. Dzilaqah adalah halus(lancar)nya suara dan shamt kebalikannya. Huruf-huruf dzilaqah ada 6 yaitu (مربنفل). Sebab halusnya suara pada huruf ini bahwa tiga huruf diantaranya melalui lidah yaitu lam, ra dan nun. Dan tiga melalui bibir yaitu fa, mim dan ba. Adapun huruf-huruf shamt selain dari huruf-huruf dzilaqah.
7.      Shafir adalah suara yang menyerupai desiran burung saat berbunyi dengan keluarnya udara dari mulut saat berbicara, yaitu huruf shad, sin dan zai.
8.   Layyin adalah sifat huruf mad yang tiga yaitu (الألف والياء والواو )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar