OUTLINE
A. Judul
Hubungan penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura pada penguasaan kaidah Bahasa Arab dan penerjemahan teks Bahasa Arab.
B. Latar Belakang
Pendidikan adalah salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan manusia, baik untuk kehidupan sekarang maupun untuk yang akan datang. Manusia yang dianugerahi potensi untuk berfikir, perasaan dan kemampuan untuk berbuat, hal inilah yang dapat membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. Potensi tersebut harus mendapat pendidikan yang khusus agar dapat dikembangkan dan memberikan nilai positif serta bermanfaat dalam kehidupan.
Sehubungan dengan pendidikan, agama Islam mengajarkan bahwa setiap laki-laki dan wanita diwajibkan untuk menuntut ilmu.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan merupakan sarana untuk menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
Dalam kegiatan pembelajaran terdapat komponen-komponen pengajaran, di antaranya adalah pendidik, peserta didik, metode, materi, media, tujuan dan evaluasi. Dari komponen-komponen tersebut, tujuan merupakan komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran, karena tujuan memberikan arah kemana proses pembelajaran akan dibawa. Di samping itu, guru juga memiliki tugas penting dalam proses pembelajaran yaitu mengarahkan kegiatan belajar siswa untuk mencapai tujuan.
Salah satu tugas pokok seorang guru adalah melaksanakan kegiatan pembelajaran dalam satu interaksi guru-murid. Keaktifan murid harus selalu diciptakan dan berjalan terus dengan menggunakan metode mengajar. Penerapan metode harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan.
Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran bahasa asing yang ada di sekolah-sekolah, terutama pada sekolah yang berbasis Islam seperti Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan juga ‘Aliyah. Pengajaran Bahasa Arab perlu menggunakan metode yang tepat untuk mencapai tujuan pengajaran tersebut.
Metode qawaid wa tarjamah sebagai salah satu metode pengajaran bahasa asing adalah metode yang bertujuan agar siswa yang diajar mampu menguasai tata Bahasa Arab dan mampu menerjemahkan bacaan yang berbahasa Arab ke dalam bahasa ibu dengan baik.
Menurut pengamatan peneliti sementara bahwa di Madrasah ‘Aliyah Sekura kelas XI IPA, guru bidang studi Bahasa Arab telah menerapkan metode qawaid wa tarjamah pada mata pelajaran tersebut, akan tetapi siswa terlihat masih belum mampu menguasai qawaid yang diajarkan dan belum mampu menerjemahkan bacaan yang berbahasa Arab ke dalam bahasa ibu dengan baik.
Oleh karena itu peneliti berkeinginan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa dalam menguasai kaidah Bahasa Arab dan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam bahasa ibu.
Peneliti memilih Madrasah ‘Aliyah Sekura sebagai tempat penelitian karena Madrasah ‘Aliyah Sekura adalah salah satu madrasah yang terkenal di antara madrasah-madrasah yang lain di daerah Mempawah Hilir. Adapun alasan peneliti memilih kelas XI IPA karena mereka telah memiliki pengalaman balajar Bahasa Arab pada tahun sebelumnya. Mereka juga tidak memiliki jadwal belajar yang padat seperti kelas XII yang akan mengahadapi ujian akhir.
Peneliti memilih mata pelajaran Bahasa Arab karena mata pelajaran tersebut sesuai dengan disiplin ilmu yang sedang peneliti tekuni.
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, guru Bahasa Arab kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura telah menggunakan metode qawaid wa tarjamah, akan tetapi siswa yang diajar tampak belum menguasai kaidah-kaidah yang telah diajarkan dan juga belum mampu menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam bahasa Indonesia dengan baik. Maka, yang menjadi pertanyaan penelitian adalah:
1. Bagaimanakah penggunaan metode qawaid wa tarjamah pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura ?
2. Bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia dengan baik ?
3. Apakah terdapat hubungan antara penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia dengan baik ?
4. Berapa besarkah tingkat hubungan penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia dengan baik ?
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang hubungan antara penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia dengan baik pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura.
Adapun secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk:
1. Menjelaskan penggunaan metode qawaid wa tarjamah pada mata pelajaran Bahasa Arab kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura.
2. Menjelaskan kemampuan siswa kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan kemampuan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia.
3. Mendeskripsikan hubungan antara penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan kemampuan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia.
4. Memaparkan berapa besar tingkat hubungan antara penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa kelas XI IPA di Madrasah ‘Aliyah Sekura dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan kemampuan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia.
E. Manfaat Penelitian
1. Secara teoritis
Secara teoritis, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca khususnya yang terkait dalam bidang pendidikan untuk mengkaji lebih mendalam tentang hubungan penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan kemampuan siswa dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab yang telah diajarkan dan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia dengan baik.
2. Secara praktis
a. Bagi sekolah khususnya pimpinan sekolah, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai dasar dalam mengadakan supervise atau pengawasan dan memberikan saran terhadap guru agar menggunakan metode qawaid wa tarjamah dalam proses pembelajaran Bahasa Arab dengan tepat.
b. Bagi guru mata pelajaran Bahasa Arab, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan bahwa dalam pembelajaran Bahasa Arab perlu penggunaan metode qawaid wa tarjamah dengan baik agar kemampuan siswa dalam menguasai kaidah-kaidah Bahasa Arab dan menerjemahkan teks yang berbahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia mencapai target sesuai dengan tujuan penggunaan metode tersebut.
c. Bagi siswa, dengan adanya penelitian ini diharapkan lebih meningkatkan belajarnya, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab.
d. Bagi STAIN, khususnya Program Studi Bahasa Arab dapat menjadi bahan masukan atau informasi, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan bagi mahasiswanya.
e. Bagi peneliti, hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam memasuki dunia pendidikan di masa yang akan datang.